Pemasaran dan Promosi Perpustakaan
Pemasaran adalah penganalisisan, perencanaan, penerapan dan pengawasan program agar terjadi pertukaran nilai dengan pasar yang ditargetkan demi tujuan organisasi. Promosi adalah pelayanan mengenalkan seluruh aktivitas yang ada di perpustakaan agar diketahui oleh khalayak umum. Promosi perpustakaan pada dasarnya merupakan forum pertukaran informasi antara organisasi dan konsumen dengan tujuan utama memberikan informasi tentang produk atau jasa yang disediakan oleh perpustakaan sekaligus membujuk siswa dan guru untuk berekreasi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Hasil dari promosi adalah tumbuhnya kesadaran sampai tindakan untuk memanfaatakanya.
a. tujuan promosi
Promosi perpustakaan adalah aktivitas memperkenalkan perpustakaan dari segi fasilitas, koleksi jenis layanan, dan manfaat yang dapat diperoleh oleh setiap pemakai perpustakaan secara lebih terperinci, tujuan promosi perpustakaan adalah :
1. memperkenalkan fungsi perpustakaan kepada masyarakat pemakai
1. mendorong minat baca dan mendorong masyarakat agar menggunakan koleksi perpustakaan semaksimalnya dan menambah jumlah orang yang membaca
2. memperkenalkan pelayanan dan jasa perpustakaan kepada masyarakat.
Metode memamerkan jasa perpustakaan
Berikut ini adalah metode memamerkan jasa perpustakaan berupa :
1. nama dan logo
2. poster dan panflet
3. pameran
4. media dan video
5. ceramah
6. iklan
Sarana promosi bentuk tercetak
Ada beberapa macam bentuk tercetak yang dapat dilakukan untuk sarana promosi perpustakaan, antara lain adalah sebagai berikut :
1. brosur
2. poster
3. map khusus perpustakaan
4. pembatas buku
Unsur-unsur promosi
Hal lain yang harus diketahu untuk mempromosikan perpustakaan adalah unsur-unsur promosi seperti di bawah ini :
- attention/perhatian - action/tindakan
- interest/ketertariakan - satisfy/kepusan
- desire/keinginan
Bentuk-bentuk pemasaran
Salah satu cara yang efektif untuk menembus pembatas dan penghalang komunikasi antara perpustakaan dan penggunanya adalah dengan jalan mengadakan kegiatan perpustakaan yang melibatakan staf perpustakaan dan pengguna. Beberapa macam kegiatan yang dapat dilakukan untuk promosi antara lain :
- peningkatan diri para petugas perpustakaan dengan :
ü berusaha tampil penuh percaya diri,
ü berpandangan positif,
ü berpakaian dengan sopan dan rapi
- pendekan pada guru dilakukan dengan cara :
ü proaktif,
ü membuat daftar buku yang ada di perpustakaan berkenaan dengan tiap mata pelajaran dan diberikan kepada masing-masing guru sesuai dengan mata pelajarannya,
ü meminta daftar buku yang diperlukan guru-guru dalam menunjang pengajaran mereka
1. Pendekatan dengan pihak pemimpin dengan cara :
ü membuat perencanaan jangka pendek (1 tahun) yang berkualitas dengan argumentasi yang kuat dan diajukan kepada kepala sekolah
ü membuat laporan pembangunan perpustakaan secara periodik (perkuartal, persemeter, atau pertahun
ü mengajukan kepada kepala sekolah agar mewajibkan anak didik mengikuti kelas perpustakaan satu jam pelajaran dalam satu minggu
4. memberikan pelayanan yang baik agar kepuasan pengguna tercapai
ü memelihara penantaan buku yang rapi agar buku mudah didapat,
ü membiasakan diri agar biasa berdisiplin dengan waktu,
ü melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.
5. Kegiatan penunjang perpustakaan yang lain adalah
· membuat poster,
· membuat pamflet,
· mengadakan pameran buku
Petugas perpustakaan sebagai agen promosi
Sikap pustakawan secara langsung mempengaruhi citra perpustakaan. Jika petugas perpustakaan memperlihatkan sikap yang baik dalam memberikan pelayanan kepada pemakai, secara tidak langsung ia telah melakukan promosi.
Evolusi konsep pemasaran
Bebrapa evolusi konsep pemasaran dapat dijelaskan bahwa terdapat era dalam konsep pemasaran.
a. era produksi, yaitu paroduksi menciptakan kebutuhan sendiri.
b. era penjualan, yaitu mendapatkan konsumen atas produk yang dihasilkan.
c. era konsep pemasaran, yaitu memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen dan berusaha mencapai kebutuhan organisasi.
Pada saat ini perpustakaan masih berada dalam kebiasaan aggressive sales mode. Mary C. Bushing (1995) dalam the library product and exellence mengatakan bahwa marketing pemasaran menawarkan teori dan proses dimana perpustakaan dapat menghubungkan antara produk, hasil, dan peran.
Target pasar
Target pasar adalah sekelompok orang baik sebagai individu maupun organisasi yang memiliki kebutuhan informasi dan memiliki kemampuan, kemauan, dan hak untuk mendapatkan informasi. Pemasaran terdiri atas serangkaian kegiatan yang dimulai dengan kegiatan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dan kelompok yang membentuk area pelayanan perpustakaan dan diakhiri dengan komunikasi kembali ke masyarakat berkaitan dengan penyediaan kebutuhan masyarakat tersebut. Di antara awal dan akhir tersebut terjadi proses perencanaan dan usaha pemasaran kedepan.
Identifikasi pasar yang ditarget
a. total marketing
pendekatan total market menggunakan single marketing mix. Dengan pendekatan tersebut target pasar dianggap memiliki kebutuhan yang sama, satu produk/dengan tambahan beberapa produk lain, satu harga, satu program promosi untu semua, satu sistem distribusi.
b. segmentasi pasar
segmentasi pasar adalah pemisahan proses pemisahan pasar total menjadi kelompok-kelompok pasar dengan kebutuhan yang sama. Pasar segmen adalah individu atau organisasi dengan ciri serupa sehingga kebutuhanya pun serupa. Strategi segmentaasi adalah sebagai berikut :
1. strategi konsentrasai
pemasaran tunggal terhadap segmentasi pasar tunggal dengan satu bauran pemasaran dan dilakukan terhadap segment tertentu. Keuntungan adalah pada kesempatan untuk menganalisis ciri dan kebutuhan kelompok konsumen (pemaki yang berbeda), usaha untuk memenuhi kebutuhan kelompok tersebut bisa maksimal, bisa bersaing dengan organisasi besar. Kerugian sumber terfokus pada satu segment dan apabila konsumen turun pemanfaatanya pun turun.
1. strategi multi segment
Dalam strategi multi segment dilakukan pemasaran terhadap dua atau lebih segmen sekaligus dengan bauran pemasaran sendiri-sendiri untuk masing-masing segment.
Variable segmentasi pasar adalah sebagai berikut :
1. variabel semeser satu
2. variabel jurusan
3. variabel fakultas
4. variabel sastra
Langkah pelaksanaan variabel adalah meliputi :
1. planing
2. assesment terhadap kebutuhan dan keinginan
3. assesmen dan prioritas
4. fullsilment
5. promosi
6. pelaksanan kerja
7. evaluasi segmentasi pasar
Elemen bauran pasar
Elemen bauran pasar adalah :
- produk yang terdiri dari brand name, features, image, pengepkan, tingkat kualitas, pelayanan.
- price yang terdiri atas daftar harga, promosi, kredit, dan diskon.
- place yangmeliputi channel, inventory, lokasi, retailers, wholesales, dan transportasi.
- promotion yang meliputi iklan, coupons, free samples, personal selling, product display, publicity, sales managenment, dan trade show.
Daftar Pustaka
l Sulityo-Basuki.1993.Pengantar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Jakarta: Gramedia.
l Qalyubi, sihabbudin.2003.dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab Iain Sunan Kalijaga.